RSS

SUKA DUKA KULIAH INFORMATIKA

Gue mau sharing nih soal suka duka gue dari awal kuliah ampe sekarang. Ceritanya kan gini, jujur aja gue berangkat dari keluarga yang sory kalo untuk urusan kuliah mungkin ibu bapak gue mendingan ditraktir mie ayam gratis dari pada nguliahin gue. Alesannya cuman satu. Bukan karena gue ganteng dan takut gue dikejar - kejar ama cewek kampus tapi karena alesan yang cukup membuat miris dan selalu menghantui para warga di Indonesia. Alesannya yaitu ngga punya duit. Yah dengan alasan itu sebenernya gue udah sedikit mau nyerah (sedikit karena gue orang yang selalu memgang teguh keyakinan kalo ada kemauan pasti ada jalan).


Singkat cerita dengan jalan yang berliku - liku tajam dan terjal mirip kulit gue, akhirnya gue bisa kuliah dengan adanya program beasiswa penuh dari negara yang diberi nama BIDIK MISI. kagak tahu juga tuh kepanjangan dari apa. yang jelas dengan adanya program itu gue bisa kuliah dengan lancar tanpa ada halangan ampe sekarang. Ceritanya tuh program beasiswa dengan sistem awal masuk ampe kelar semester 8 gratis tis tis tis. Bener - bener dibebasin dari segala biaya mulai dari biaya masuk ampe SPP semester. Bahkan yang lebih menggembirakan lagi, kita anak beasiswa dikasih living cost. Kurang baik apa coba pemerintah kita??? Sayangnya selalu aja dikotori ama oknum - oknum yang kurang ajar dan tidak tahu malu.

Kembali ke topik. Singkat cerita gue masuk tuh ke jurusan impian gue. Mengabdi menjadi guru sekaligus menekuni bidang yang selalu gue impi - impikan. Menjadi seorang ahli komputer yang handal dan bisa memajukan teknologi di negeri ini. Agak muluk - muluk juga ya impian gue??? Namanya juga impian, terserah donk mau seberapa tingginya. Dalam benak gue, kuliah jurusan informatika tuh asik, ngga pusing terus pokoknya menyenangkan gitu. Secara pengalaman di SMA gue kan pas pelajaran komputer paling cuman gitu - gitu doang. Rumus Excel, Make word bikin tulisan yang layoutnya dianeh - anehin, internetan, terus paling sedikit ngulik blog. Nah kebayang betapa asyiknya kalo jadi guru SMA gitu.Nah dari situ gue ambil deh nih jurusan impian gue.

Awal mula kuliah. Wah seneng banget ternyata orang kuliah ya??? Bisa masuk sesuai keinginan, bisa bangun siang - siang, bisa internetan gratis dengan kecepatan dewa, bisa ngapa- ngapain tanpa diawasin orang tua. Bisa ngapain aja pokoknya. kalo masalah pacaran sory, gue ngga bisa ngungkapin yang satu ini. Bawaannya mimisan terus kalo ngomongin pacar. Intinya di kampus tuh asyik ngga kayak si SMA yang harus belajar kaya kerja rodi mulai jam setengah delapan ampe jam 2. Terus dirumah kudu belajar lagi. Kuliah mah enak bener. paling sehari 1, 5 x 3 jam. Udah gitu, asyik lagi. Mau masuk ngga ada yang ngeganggu, mau bolos juga terserah. Namanya juga kuliah. Kagak ada ceritanya dosen marahin gara - gara kita ngga pernah masuk. Nilai - nilai kita, jadi kalo ngga kuliah ya terserah toh itu nilai kita.

Itu kalo ngomongin enaknya. Nah sekarang mulai nih gue masuk ke cerita jurusan gue dan suka DUKAnya jadi anak Informatika. Ceritanya kan gini, jurusan gue tuh jurusan yang baru dibuka di kampus gue. Dan ternyata dari awal pembukaan jurusan nih peminatnya na'udzubillah membludak. So, katanya tadinya kuotanya cuman mau 50 mahasiswa, berhubung peminatnya berjibun, ditambah deh jadi 200an mahasiswa yang diterima. Kebayang kan 200 mahasiswa dengan jurusan baru yang belum mempunyai gedung dan masih numpang di gedung jurusan lain harus berjuang di tengah - tengah medan pertempuran.

Ternyata oh ternyata dugaan gue waktu SMA soal kuliah di jurusan komputer yang menyenangkan sangat menyimmpang sodara - sodara. Ternyata dari awal kuliah gue disuguhi materi yang sangat asing ditelinga gue dan belum pernah sekalipun gue coba di kehidupan gue. dan gue saranin sodara - sodara kalo ngga mahir beneran ngga usah mencoba deh. Ada banyak banget materi yang gue jujur susah banget buat memahaminya. dan satu yang paling gue lemah dan memang itu adalah makanan wajib bagi anak informatika adalah pemprograman. Yah pemprograman. Everything about coding makes me wanna die. Ngga kebayang kan ketika kita ngga suka sesuatu tapi kita mau ngga mau harus menghadapinya setiap hari??? *mimisanLagi.


dan menurut gue, jurusan gue itu jurusan paling menyibukkan buat mahasiswanya. Bayangin aja hampir tiap minggu 1 2 3 4 5 tugas harus dikerjakan dan dikumpulkan. Terus udah gitu, banyak banget materi yang gue kagak ngerti. Ya ngga tahu juga itu mungkin sangkin begonya gue apa emang sangkin sulitnya ilmu informatika. Yang paling bikin gue sering nyesek banget nih dada, kalo mau mendekati UAS. Itu tugas akhir busettttttttt........ Dikerjain bikin kepala mau pecah, ngga dikerjain bunuh diri juga. Hampir semua angkatan gue ngalamin kalo mau mendekati UAS pada ngga tidur semalaman bukan dengan alasan ngejaga kos - kosan dari maling, tapi begadang ditemani dengan code - code yang harus dikerjakan demi nilai akhir. dan itu berlangsung kurang lebih 1 bulanan menjelang ujian akhir. Sampe - sampe gue pernah sangkin seringnya ngga tidur malem, kelar gue ngerjain project, gue langsung ambruk. Muntah - muntah gara - gara masuk angin. Ya pada waktu itu gue cuman berkata dalam hati kayak di sinetron - sinetron. "Ya Allah semoga amal buruk para koruptor negara diberi ganjaran yang setimpal. AMIN".

Kalo gue ama temen gue pernah menyatakan filsafat yang cukup bisa diterima di kalangan anak - anak angkatan gue, kalo anak - anak jurusan lain mungkin jam 4 udah mulai bangun buat beraktifitas, nah kita anak informatika jam 4 itu baru mulai tidur dengan sukses. Kadang gue ampe mikir, kalo gue kelamaan belajar bahasa pemprograman bisa - bisa gue lupa ama bahasa sehari - hari??? Ya walaupun kalo dirasa - rasain emang enak juga jadi anak informatika. Soalnya bukannya mau takabur ya, cuman jurusan kita yang selalu up to date dan real time mengikuti perkembangan zaman. Bayangin aja coba sekarang??? Kehidupan mana sih yang bisa lepas dari pemprograman??? dan asyiknya lagi, anak informatika ngga perlu tuh bawa banyak buku - buku buat nyatet materi. Cukup loe bawa tuh laptop satu seumur hidup, loe udah bisa kuliah dengan nyaman sob.

Yah intinya itu sedikit sharing masalah suka dukanya kuliah di jurusan gue. Tapi intinya dari semua itu gue belajar. Dengan kesulitan yang semakin besar kita bisa semakin menyikapi dengan kedewasaan yang semakin tinggi. Dengan adanya tugas yang berjibun dan dengan sibuknya kita memikirkan nilai kita, disitulah kita bertanggung jawab atas pilihan kita. Karena setiap pilihan pasti mengandung konsekuensinya masing - masing. Bisa kok sebenernya kita kagak usah pusing - pusing mikirin nilai akhir, mikirin tugas yang berjibun, bisa kok seenaknya masuk kuliah, tapi apakah kita bisa mempertanggung jawabkan perbuatan kita??? terus kira - kira ntar kalo kita udah lulus kuliah apa kita ngga kaget dengan kehidupan sebenarnya yang justru real kejam??? *KesambetFilsafat

Yah itu dulu ya??? Masih buaaaaaaanyyyyak banget soal kuliah yang mau gue ceritain ke blog ini. Ditunggu aja ya??? Bye Bye..............................

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

10 komentar:

gery AAwan mengatakan...

wah ternyata kuliah bayakan duka'y y...

keep posting gan...

o iya gan, q mau follow blog agan, tapi q nyari" gg nemu widget following'y ...

Adhitya Kurniawan mengatakan...

ternyata kuliah di informatika kayak gitu ya gan?

ane baru masuk niih, mudah mudahan bisa sukses! hehehehe

Anonim mengatakan...

sipp!! emg bener kenyataan. gua cewek jurusan manjemen informatika saking pinternya gua ngga msk tuh koding program di kepala..yahh emg bukan habitat tp mo gmn lgi nasi sdh menjadi kacang ijo hahaha

Dodi Gamers mengatakan...

Muntah muntah brooww
Aduhh kasian nyaaa

Unknown mengatakan...

Nice bro. Tdnya ane stress. Ternyata org lainpun sama. Makasih sarannya gan. Salam anak TI UG '15. Semoga Allah meridhai kita semua untuk lancar dalam perkuliahan dan selalu dimudahkan sgla urusannya serta lulus tepat waktu dan dpt mrmbahagiakan papah mamah :'))

Unknown mengatakan...

Nice bro. Tdnya ane stress. Ternyata org lainpun sama. Makasih sarannya gan. Salam anak TI UG '15. Semoga Allah meridhai kita semua untuk lancar dalam perkuliahan dan selalu dimudahkan sgla urusannya serta lulus tepat waktu dan dpt mrmbahagiakan papah mamah :'))

Unknown mengatakan...

Kalau pilih jurusan eksa/iptek berpikir lah dulu gan :v

Unknown mengatakan...

Gua baru semester 1 udah keleyengan sama coding wkwk. Apa kesalahan masa lalu yg diperbuat nyampe bisa masuk ke MI huhu

Puding sedot mengatakan...

Ko ngerasain hal yang sama ya . Berasa banget gitunya , entah akunya yg ga mudeng mudeng apa emg...

Unknown mengatakan...

Astaga udah 5 tahun, tapi aku mau tau apa wejangan kakak buat aku yg pengen ambil MI

Posting Komentar