RSS

Tips Mencegah Rasa Sombong

Siang agan/ aganwati........ Sobat blogger semua, ini postingan pernah ane jadiin thread di kaskus dan responnya lumayan lah. Siapa sih yang mau dibilang orang sombong??? dan setiap orang pasti kalo normal kagak mau yang namanya jadi orang sombong. Terus gimana sih biar kagak jadi orang sombong??? Langung aja dibuka ya????


Kita sering merasa kalau kita besar gan. Kita merasa sombong dengan apa yang kita punya. Bangga dengan apapun yang kita miliki. Tapi terkadang kita lupa siapa diri kita sebenarnya, untuk apa kita diciptakan. Kesombongan itulah yang kadang membuat kita lupa akan Sang Maha Pencipta yang telah memberikan kita kehidupan. Kita terlalu bangga dengan harta kita, pacar kita, istri kita, mobil kita, perusahaan kita dan hal - hal lain yang membuat kita merasa besar.

Padahal, mari kita renungkan....... Mari kita berfikir, berimajinasi sejenak melepaskan pikiran kita untuk berfikir keluar dari bumi. Kita ini hanya makhluk kecil. Memang kita bisa berbangga dengan hasil yang kita miliki. Tapi cobalah untuk keluar, terbanglah sedikit ke angkasa........... Bayangkan jiwa anda keluar dari raga kita. Lalu seolah - olah kita terbang dengan nyaman. Lebih tinggi, maka kita akan melihat raga kita tergeletak, dan lihatlah bahwa apa yang kita miliki masih terasa besar. Lalu naiklah lebih tinggi lagi, maka kita akan melihat raga kita semakin mengecil. Rumah kita, mobil kita, harta kita akan semakin mengecil.

Terbanglah lebih tinggi lagi.......... lebih tinggi lagi........... Maka kita tidak bisa melihat raga kita yang mungkin hanya setitik benda tak berharga..... yang akan kita lihat kota kita yang semakin lama semakin mengecil. Lalu terbanglah lebih tinggi lagi, maka kita akan melihat kalau kota kita juga ternyata sangat kecil. yang terlihat sekarang adalah daratan yang dipenuhi bangunan, hutan dan penghuni bumi lainnya, ya itulah pulau.

Lalu lebih tinggi lagi mari kita terbang.... maka kita akan melihat pulau pulau disekelilingnya...... ya lama - lama kita akan melihat Negara Indonesia. Lalu dimanakah raga kita, rumah kita, istri kita. Mereka tidak terlihat lagi. Sangat kecil.

Lalu terbanglah lebih tinggi lagi............. Maka kita akan melihat seluruh permukaan bumi kita... Semakin tinggi bumi kita terlihat semakin jelas. Ya itulah bumi yang begitu besar. dan kita seharusnya merasa seberapa kecil kita, rumah kita, harta kita, segala sesuatu yang sangat kita sayang sangat kecil dan tak tampak, dibandingkan dengan ciptaan Tuhan Sang Maha Pencipta.

Lalu cobalah untuk kembali terbang lebih tinggi lagi. Ternyata bumi kita tidak sendirian. Ternyata masih banyak benda - benda lain yang bulat mirip bumi. ya itulah planet - planet dan benda - benda angkasa lain. Lalu tiba - tiba anda terbang sangat tinggi lagi. Ternyata ada milyaran benda - benda yang terus berputar dengan teratur mengikuti aturanNya. Berkumpullah milyaran benda - benda itu. Ya itulah galaksi bima sakti. galaksi kita.

Lalu anda akan terbang lebih tinggi lagi dan ternyata ada bermilyar - milyar galaksi lainnya. Lalu dimanakah bima sakti? Dimana bumi? dimana Indonesia? Dimana Pulau kita? Dimana rumah kita? dimana istri kita? Dimana harta kita? dimana raga kita? Disinilah anda seharusnya semakin yakin bahwa kita tidak ada seujung kuku dibandingkan dengan apa yang telah Tuhan ciptakan.

Harta kita, rumah kita, istri kita, semua yang kita senangi memang tidak salah kalau kita mencintai mereka. tapi apakah kita tahu kapan mereka akan pergi? Atau jangan - jangan kita yang akan pergi? Lalu kalau kita mencintai mereka melebihi mencintai Dia, apakah kita tidak akan menyesal kelak? Semua yang kita miliki sangat sangat sangat kecil dibangingkan dengan apa yang dimiliki Tuhan. LALU APA YANG PATUT KITA SOMBONGKAN??? LALU APA YANG PATUT KITA SOMBONGKAN???

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah jadi terharu banget nih baca ginian. nice post. Keep posting

Posting Komentar